Part 2 - Pemilihan Dan Penggunaan Kata-Kata Sinonim Dalam Bahasa Inggris

PemilihanDan Penggunaan Kata-Kata Sinonim Dalam Bahasa Inggris - banyak kata-kata yang berbeda dalam bahasa inggris, tapi memiliki arti yang sama. terkadang hal tersebut membuat kita ragu untuk memilih kata yang tepat. berikut penjelasan dalam penggunaan dan pemilihan kata-kata tersebut baik dalam sisi teknis tulisan atau ucapan. sehingga bisa membantu kita menggunakan kata-kata tersebut secara tepat baik dalam kondisi formal maupun informal. berikut cakupan kata-kata yang akan dibahas: hate/hatred, healthy/well, help/aid/assist/attend/be present/participate, high/tall, historic/historical, infer/imply, interested/interesting/uninterested/disinterested/uninteresting, journey/travel/trip, landscape/scenery/countryside, last/take, lastly/at last, lastly/at last, lawful/legal, lawyer/barrister/advocate/attorney/solicitor, light/lighting, long/for long/for a long time, loud/loudly/aloud, many/a lot of/lots of, many/a lot of/lots of, naked/bare, narrow/thin, near/close, next/nearest, noise/sound, normal/usual/ordinary, old/older/elder, order/tell/instruct/command, partly/partially, peace/peacefulness, persuade/convince, place/space/room, possibility/occasion/opportunity/chance, price/cost/charge, quick/quickly/fast, quite/fairly/rather/pretty, real/true, reason/explanation/excuse/pretext/grounds, regretfully/regrettably, right/rightly, rise/raise, say/tell, scottish/scots/scotch/scot, sensible/sensitive, sensible/sensitive, shade/shadow, shout/cry/scream, sight/eyesight, sight/view, sign/signal, slow/slowly, small/little, soon/early/quickly, speak/talk, steal/rob/burgle/mug/ thief/robber/burglar/mugger, storey/floor, strength/force/power, student/pupil/undergraduate/graduate/postgraduate, sure/certain, surely/certainly, tight/tightly, under/below/underneath/beneath, unsociable/antisocial/unsocial, used to/be used to, voucher/coupon/token, want/like/care (for something/to do something), wear/carry/have on, wide/broad, worried/concerned/anxious/nervous/excited, dan wrong/wrongly/wrongfully dalam teknik penulisan dan pengucapan bahasa inggris baik dari segi formal dan informal bahasa.

Part 2 - Pemilihan Dan Penggunaan Kata-Kata Sinonim Dalam Bahasa Inggris

Hate = Hatred
Hate/Hatred memiliki arti yang sama, yaitu membenci, tidak suka, rasa benci.
Hatred digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang sangat kuat atas ketidaksukaan terhadap orang tertentu atau sesuatu hal tertentu. Contoh: *Her deep hatred of her sister was obvious. *a cat’s hatred of water.
Hate lebih sering digunakan ketika kita bicara mengenai perasaan secara umum. Contoh: *a look of pure hate. *people filled with hate.

Healthy = Well
Healthy bisa digunakan untuk menggambarkan seseorang yang jarang sakit atau sesuatu dengan kondisi baik untuk kesehatannya. Contoh: *a healthy child/diet/lifestyle.
Well merupakan kata keterangan yang biasanya menggambarkan kesehatan kita pada kesempatan/kejadian tertentu. Bisa juga menggambarkan sesuatu hal yang baik atau menggambarkan sesuatu hal dijalankan dengan baik. Contoh: *I’m sorry to hear you were not well yesterday. *You’re looking well. *I hope you’ll feel better soon. *They work very well.

Help = Aid = Assist = Attend = Be Present = Participate
Help/Aid/Assist memiliki arti yang sama yaitu membantu. Tapi penggunaan kata help lebih umum dibandingkan dengan kedua kata aid dan assist. Contoh: *How I can help you?. *Could you help me move this table*She’s been helping Rick with his homework.
Aid biasanya digunakan untuk keperluan penulisan formal. Penggunaan kata aid juga biasanya digunakan dalam konteks pemberian uang. Contoh: *Three men have been charged with aiding his escape. *The project has been greatly aided by the generosity of local businesses.
Assist sering digunakan dalam teknik penulisan atau konteks formal. Kata ini juga mengarahkan pada sesuatu yang terjadi menjadi lebih mudah ketika ada orang yang sedang melakukan beberapa bagian yang lebih sederhana dari satu pekerjaan tertentu sehingga membuat pekerjaan tersebut lebih mudah lagi untuk orang yang melakukan sesuatu yang lebih sulit diatasnya. Contoh: *She had to be assisted off the plane. *The successful applicant will assist the publicity manager.
Jangan sekali-sekali menggunakan kata assist yang bermaksud menghadiri/pergi. Contoh: *I want to attend/go to your school next July. *I want to assist to/at/your school next July. *We assisted at the concert last Saturday (artinya kita membantu mengorganisasi konser tersebut), kalau ingin artinya pergi/menghadiri kita bisa menggunakan kalimat *We went to the concert last Saturday.
Attent/Be Present/Participate biasanya jarang digunakan dalam sebuah percakapan, karena memang lebih tepat digunakan untuk keperluan penulisan formal.
Attend artinya menghadiri, jika kita menggunakan kata attend dalam sebuah acara, berarti kita datang ke acara tersebut. Jika kita menggunakan kata attend untuk urusan sekolah/perguruan tinggi, artinya kita datang kesana secara teratur sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Be Present artinya menghadiri sebuah acara pada saat itu juga/sekarang/saat kejadian atau peristiwa berlangsung. Contoh: *The manager was not present at the meeting.
Participate digunakan ketika kita menjadi bagian dalam penyelenggaraan sebuah acara. Contoh: *I Hope everyone will participate in this discussion.

High = Tall
High/Tall digunakan untuk membicarakan ketinggian. Untuk tinggi gedung kita bisa menggunakan kedua kata ini.
High digunakan untuk membicarakan ukuran sesuatu dari bawah ke atas. Contoh: *The fence is over five metres high. *He has climbed some of the world’s highest mountain. Kita juga bisa menggunakan kata high untuk menggambarkan jarak sesuatu terhadap tanah/dataran. Contoh: *How high was the plane when the engine failed?.
Tall bisa digunakan sebagai pengganti kata high untuk membicarakan tinggi seseorang.  Contoh: *My sister taller than me. Kata tall juga bisa digunakan untuk membicarakan sesuatu yang tinggi dan sempit seperti pohon. Contoh: *She ordered cold beer in a tall glass. *Tall factory chimneys

Historic = Historical
Historic merupakan kata yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat penting dan kemungkinan besar akan diingat atau singkatnya bersejarah. Contoh: *Today is a historic occasion for our country.
Historical biasanya menggambarkan sesuatu yang berhubungan dengan masa lalu atau pelajaran sejarah atau sesuatu yang pernah terjadi di masa lalu. Contoh: *I have been doing some historical research. *Was Robin Hood a historical figure?

Infer = Imply
Infer/Imply memiliki arti yang berbeda. Kata infer berarti menduga/berpendapat/mengambil kesimpulan. Sedangkan Imply menyatakan secara tidak langsung. Dua kata ini bisa menggambarkan satu kejadian yang sama, tapi bisa memiliki arti yang berbeda tergantung dari sudut pandangnya. Jika seorang pembicara atau penulis menggunakan kata imply, artinya mereka mengarahkan atau membicarakan hal tersebut secara langsung. Contoh: *The article implied that the pilot was responsible for the accident. Untuk contoh kalimat yang sama apabila kita menggunakan kata infer artinya kita menyimpulkan maksud dari si pembicara atau penulis. Contoh: *I infered from the article that the pilot was responsible for the accident.
Infer/Imply sekarang banyak digunakan dalam arti yang sama. Tapi bagaimanapun banyak orang mempertimbangkan kepantasan dari sebuah kalimat, meskipun mungkin secara umum sering digunakan dalam percakapan. Contoh: *Are you infering that I’m liar?.

Interested = Interesting = Uninterested = Disinterested = Uninteresting
Interested berarti tertarik akan sesuatu. Sedangkan Uninterested adalah lawan katanya, kita juga bisa menggunakan kata not interested. Contoh: *He is completely uninterested in politics. *I’m not really interested in politics.
Disinterested berarti kita dalam posisi yang cukup wajar untuk penilaian kondisi tertentu karena kita tidak merasakan keterlibatan secara personal, sehingga tidak berat sebelah atau independen/yang tidak berkepentingan/yang tidak memihak. Contoh: *A solicitor can give you disinterested advice. Tapi kadang, dalam percakapan masih banyak juga yang menggunakan kata ini sebagai pengganti kata uninterested, padahal hal tersebut salah. Contoh: *He is completely disinterested in politics.
Interesting berarti menarik karena sesuatu/seseorang memiliki keistimewaan tertentu. sedangkan Uninteresting adalah lawan katanya. Contoh: *The food was dull and uninteresting.

Journey = Travel = Trip
Journey adalah sebuah aktivitas/tindakan/kegiatan dari bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam British English Journey bisa menjadi aktivitas bepergian yang jauh/lama atau dekat/sebentar tapi regular/berlangganan. Contoh: *To go on 6.000 mile journey. *How long is your journey to work?.
Trip adalah sebuah perjalanan ke suatu tempat dan kemudian kembali, terutama untuk kunjungan pendek. Contoh: *To go on a trip to Disneyland. *Business trip. Dalam American English biasanya trip digunakan sebagai pengganti kata journey untuk aktivitas bepergian jarak pendek. Contoh: *The trip takes about 45 minutes.
Travel adalah bentuk kata benda uncountable yang memiliki arti aktivitas/tindakan/kegiatan secara umum dari sebuah perjalanan. Contoh: *She loves travel. *The price includes air travel.
Travels adalah bentuk kata benda jamaknya yang berarti beberapa aktivitas/tindakan/kegiatan dari bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, terutama untuk perjalanan jauh dan lama.
Kata Kerja:
Travel bisa digunakan untuk memberikan tekanan makna pada aktivitas/tindakan/kegiatan dari bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya itu sendiri. Contoh: *to travel abroad. *I usually travel by air.
Jika kamu berfikir mengenai suatu tempat yang akan kamu kunjungi setelah melakukan perjalanan/journey, sebaiknya gunakan kata to go. Contoh: *I’m going to Italy on Friday. *Do you go to New York often?. *I’m travelling to Italy on Friday. *Do you travel to New York often?.

Landscape = Scenery = Countryside
Landscape adalah bentuk kata benda countable yang berarti area dimana kita bisa melihat bagaimana pemandangan alam/fisiknya yang memiliki ciri khas tertentu yang telah diatur sedemikian rupa baik oleh tuhan. Contoh: *Mountains dominate the Welsh landscape. *an urban landscape.
Scenery adalah kata benda uncountable yang digunakan ketika kita ingin mengatakan ciri/bentuk fisik tertentu menarik untuk dilihat. Biasanya berupa pemandangan lembah, dekorasi, dll. Contoh: *We stopped to admire the scenery.
Country/Countryside bisa menggambarkan juga daerah pedalaman atau daerah yang jauh dari kota. Contoh: *When I was a child, I spent a lot of time in the country. *a country house/park/road. *The surrounding countryside. Kata country sebenarnya lebih umum digunakan dalam makna ini, namun countryside digunakan terutama ketika dalam bahasa resmi atau ketika kata country tidak secara jelas memaknai makna dari pedalaman atau daerah yang jauh dari kota ini. Contoh: *The Wildlife and Countryside Act.

Last = Take
Last/Take bisa digunakan untuk membicarakan mengenai lamanya waktu dari sesuatu yang berjalan.
Last digunakan untuk membicarakan mengenai lamanya waktu dari sesuatu yang berjalan dan berakhirnya suatu peristiwa. Contoh: *How long do you think this storm will last. *The movie lasted over two hours. Kata last tidak selalu digunakan dengan ekspresi waktu. Contoh: *His annoyance won’t last. Kata last juga bisa digunakan untuk mengungkapkan mengenai kecukupan akan suatu hal. Contoh: *We don’t have enough money to last until next month.
Take digunakan pada saat berbicara mengenai banyaknya waktu yang kita butuhkan agar sampai ke suatu tempat atau untuk menyelesaikan sesuatu hal. Kata take untuk arti ini biasanya digunakan dengan ekspresi waktu. *It takes (me) at least an hour to get home from work. *How long the fight take?. *The water took ages to boil.

Lastly = At Last
Lastly digunakan untuk memberitahu hal terakhir pada suatu daftar dari sesuatu atau point terakhir yang akan kita buat. Contoh: *Lastly, I would like to thank my parents for all their support.
At Last digunakan ketika sesuatu hal terjadi setelah waktu yang sangat panjang, terutama ketika ada beberapa kesulitan atau penundaan. Contoh: *At last, after twenty hours on the boat, they arrived at their destination. Ungkapan kata at last ini juga bisa berarti sama dengan finally, eventually, atau in the end.

Lawful = Legal
Lawful/Legal memiliki arti yang sama, yaitu diperbolehkan atau syah menurut hukum. Contoh: *By lawful/legal means.
Lawful cenderung banyak digunakan untuk keperluan penulisan atau dalam konteks kesasteraan.
Legal biasanya digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan hukum. Contoh: *The US legal system.
Unlawful/Illegal adalah lawan kata dari lawful dan legal. Namun kata illegal digunakan terutama untuk aktivitas kejahatan.

Lawyer = Barrister = Advocate = Attorney = Solicitor
Lawyer adalah terminologi secara umum untuk seseorang yang terpilih atau masuk kualifikasi untuk menasehati orang mengenai masalah hukum, menyiapkan dokumen legal untuk mereka yang membutuhkan untuk masalah hukum dan mewakili pada sebuah pengadilan. Atau untuk di Indonesia disebut sebagai Pengacara.
Barrister sama seperti lawyer, namun mereka terpilih untuk bicara pada pengadilan-pengadilan yang lebih tinggi dan terminologi ini banyak digunakan di negara inggris dan wales.
Advocate sama seperti barrister, namun terminologi ini banyak digunakan di negara skotlandia.
Attorney untuk di Amerika penggunaan katanya lebih formal dibanding dengan kata lawyer dan biasanya digunakan terutama untuk gelar sebuah pekerjaan atau posisi tertentu. Contoh: *district attorney.
Counsel merupakan bentuk kata secara hukum yang formal untuk digunakan kepada seorang lawyer yang sedang mewakili seseorang dalam sebuah pengadilan. Contoh: *Counsel for the prosecution.
Solicitor adalah terminologi yang digunakan pada percakapan British English untuk seorang lawyer yang memberikan nasihat secara hukum dan menyiapkan dokumen, sebagai contoh ketika kita akan membeli rumah dan untuk saat tertentu mereka memiliki hak untuk berbicara dalam sebuah pengadilan hukum. Dalam penggunaan American English biasanya digunakan hanya untuk gelar dari beberapa lawyer yang bekerja untuk pemerintahan. Contoh: *Solicitor General

Light = Lighting
Light merupakan kata benda yang memiliki arti yang berbeda dalam banyak ungkapan/frasa. Bisa berarti cahaya, lampu, api, keterangan, tokoh.
Lighting hanya dapat digunakan untuk membicarakan mengenai jenis dari pencahayaan dalam sebuah tempat atau seberapa pencahayaan digunakan untuk mencapai atau mendapatkan efek tertentu. Contoh: *The lighting system. *The movie’s interesting lighting effects. *The lighting at the disco was fantastic.

Long = For Long = For A Long Time
Long/For Long/For A Long Time dalam hal ini digunakan untuk mengekspresikan waktu.
(For) A Long Time biasanya digunakan dalam kalimat positif. Contoh: *We’ve been friends a long time.
(For) Long tidak bisa digunakan untuk kalimat positif kecuali dikombinasikan dengan kata penguat (intensifier), seperti too, enough, as, so, seldom, etc. Contoh: *I stayed out in the sun for too long. *You’be been waiting long enough .
(For) A Long Time/(For) Long bisa digunakan dalam kalimat pertanyaan. Tapi biasanya lebih banyak digunakan (For) Long. Contoh: *Have you been waiting long?.
(For) A Long Time/(For) Long hati-hati apabila digunakan dalam kalimat negatif yang sama akan memiliki arti yang berbeda. Contoh: *I heven’t been here for a long time ( = artinya waktu yang lama sejak waktu terakhir pernah disini ). *I haven’t been here long ( = artinya baru saja tiba disini atau baru sebentar ).

Loud = Loudly = Aloud
Loudly memiliki arti dengan nyaring atau dengan keras-keras. Kata ini merupakan kata keterangan dari kata sifat loud. Contoh: *The audience laughed loudly at the joke.
Loud sangat umum digunakan sebagai kata keterangan dalam bahasa informal. Kata ini hampir selalu digunakan dalam ungkapan seperti such as loud, as loud as atau dikombinasi dengan menggunakan kata penguat (intensifier) seperti too, very, so, etc. Contoh: *Don’t play your music too loud. *I should as loud as I could.
Louder digunakan untuk gaya bahasa informal yang berarti lebih keras. Contoh: *Can you speak louder?.
Out Loud merupakan kata keterangan yang digunakan dengan tujuan agar orang dapat mendengar. Contoh: *Can you read the letter out loud?. *He laughed out loud at his own joke.
Aloud memiliki arti yang sama dengan out loud, namun lebih cocok digunakan untuk gaya bahasa formal. Kata ini juga bisa berarti dalam/dengan suara yang keras. Contoh: *He likes to read aloud.

Many = A Lot Of = Lots Of
Many berarti banyak. Kata ini digunakan hanya untuk kata benda yang dapat dihitung ( countable ). Sebagian besar kata ini digunakan dalam bentuk kalimat pertanyaan dan kalimat negatif. Contoh: *Do you go to many concerts?. *How many people come to the meeting. *I don’t go to many concert. Meskipun tidak umum, kata many juga sering digunakan dalam sebuah kalimat positif yang datangnya setelah kata so, as dan too. Contoh: *You made too many mistakes.
A Lot Of/Lots Of dalam percakapan informal kedua kata ini sering digunakan, yang artinya sama dengan kata many dan tentunya dalam bentuk pernyataan jamak.. Contoh: *I go to a lot of concerts. *How many CDs have you got?. “Lots”. *Lots of people like Italian food. Namun perlu dicatat kedua kata ini tidak bisa digunakan sebagai pengukur waktu atau jarak. Contoh: *I stayed in England many/quite a few/ten weeks. *I stayed in England a lot of weeks.
Plenty Of juga bisa digunakan yang berarti sama dengan a lot of/lots of dan digunakan untuk gaya bahasa informal juga. Kata ini juga bisa gunakan dalam bentuk kalimat pertanyaan dan kalimat negatif. Contoh: *Plenty of stores stay open late.
A Lot Of/Lots Of digunakan dalam kondisi informal, terutama ketika menggunakan British English. Jadi sebaiknya untuk penggunaan gaya bahasa formal gunakan kata many atau a large number of.

Much = A Lot Of = Lots Of
Much berarti banyak. Kata ini digunakan hanya untuk kata benda yang tidak dapat dihitung atau disebut dengan uncountable nouns. Sebagian besar digunakan dalam bentuk kalimat pertanyaan dan kalimat negatif. Contoh: *Do you have much free time?. *How much experience have you had?. *I don’t have much free time.
A Lot Of/Lots Of dalam percakapan informal kedua kata ini sering digunakan, yang artinya sama dengan kata many dan tentunya dalam bentuk pernyataan jamak.. Contoh: *I go to a lot of concerts. *How Much money does she earn?. “ A lot”.
Plenty Of juga bisa digunakan yang berarti sama dengan a lot of/lots of dan digunakan untuk gaya bahasa informal juga. Kata ini juga bisa gunakan dalam bentuk kalimat pertanyaan dan kalimat negatif. Contoh: *Plenty of stores stay open late.
A Lot Of/Lots Of digunakan dalam kondisi informal, terutama ketika menggunakan British English. Jadi sebaiknya untuk penggunaan gaya bahasa formal gunakan kata much, a great deal of atau a large amount of.
Very Much/A Lot dapat digunakan sebagai kata keterangan. Contoh: *I miss my family very much. *I miss very much my family. *I miss family a lot. *Thanks a lot. Kata very much juga bisa bisa digunakan untuk kalimat negatif. Contoh: *I didn’t enjoy the film (very) much.

Naked = Bare
Naked biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang atau tubuhnya yang berarti telanjang. Kita juga bisa mengunakan kata ini ketika ingin menggambarkan sesuatu tanpa pembungkus pelindung seperti pedang. *a naked sword.
Naked bisa digunakan untuk menggambarkan perasaan kuat yang tidak dapat disembunyikan. Contoh: *Naked fear. Dan biasanya memiliki ciri khas. Contoh: *(visible) to/with the naked eye.
Bare biasanya digunakan untuk menggambarkan bagian dari tubuh. Kata ini juga memiliki arti telanjang, selain itu bisa berarti gundul, kosong, nyata, terang, yang paling sederhana, atau tak bersepatu. Kata bare juga bisa menggambarkan hal lain yang tidak memiliki apapun yang melekat atau berada pada hal atau benda tersebut seperti dinding kosong, lereng bukit gundul. Contoh: *Bare walls. *a bare hillside. Kata bare juga bisa menggambarkan benar-benar cukup atau persis cukup. Contoh: *The bare minimum.
Berikut contoh kata-kata yang biasanya mengikuti penggunaan kata naked dan bare. Beberapa ada yang berarti tidak memakai apapun:


Naked ... Bare ...
body feet
man arms
fear walls
aggression branches
flame essentials

Narrow = Thin
Narrow berarti sempit. Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu jarak pendek dari satu sisi ke sisi lain. kata narrow juga bisa berarti terbatas dan yang hanya diterima saja.
Thin berati kurus. Biasanya digunakan untuk menggambarkan orang atau sesuatu yang memiliki jarak pendek melalui hal tersebut dari satu sisi ke sisi lain. kata ini juga bisa menggambarkan sesuatu yang tidak setebal sesuai dengan yang kita pikirkan atau harapkan.
Berikut beberapa kata yang biasanya mengikuti penggunaan kata narrow dan thin:


Narrow ... Thin ...
body feet
road man
entrance legs
bed ice
stairs line
majority layer
victory material
range cream

Near = Close
Near/Close kadang sering memiliki arti yang sama dalam penggunaannya. Kedua kata ini sendiri bisa berarti dekat. Perlu dicatat untuk beberapa ungkapan/frasa kita hanya bisa menggunakan salah satu dari keduanya. Contoh: *The near future. *a near neighbour. *a near miss. *a close contest. *a close encounter. *a close call.
Close sering digunakan untuk menggambarkan hubungan antar manusia. Contoh: *a close friend. *close family. *close links. Untuk ungkapan seperti contoh tersebut, kita tidak bisa menggunakan kata near.

Next = Nearest
(The) Next berarti yang  berikutnya atau setelah dari sesuatu baik itu dalam waktu, rangkaian dari peristiwa, tempat atau orang. Contoh: *When is your next appointment. *Turn left at the next traffic lights. *Who’s next?.
(The) Nearest berarti paling dekat dalam suatu ruangan. Contoh: *Where’s the nearest supermarket?.
Next/Nearest sering digunakan dengan kata preposisi to setelah kedua kata tersebut, seperti next to dan nearest to. Tapi hati-hati penggunaannya memiliki arti yang berbeda. Contoh: *Janet’s sitting nearest to the window (= paling dekat dengan jendela dari semua orang yang ada dalam ruangan tersebut). *Sarah’s sitting next to the window (= duduk tepat disamping jendela).
Nearest dalam British English bisa digunakan sebagai pengganti  kata nearest to. Contoh: *Who’s sitting nearest the door?.

Normal = Usual = Ordinary
Normal digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sesuai dengan apa yang kita harapkan dan sama dengan hal lainnya dari pola yang umum; menurut aturan atau menurut pola yang umum; sesuai dan tidak menyimpang dari suatu norma atau kaidah; sesuai dengan keadaan yang biasa; tanpa cacat; tidak ada kelainan. Contoh: *We are open during normal working hours. *Your temperature is back to normal.
Usual juga memiliki arti yang hampir mirip dengan normal. Namun kata ini biasanya sering digunakan untuk membicarakan mengenai sesuatu yang lazim terjadi atau sering dilakukan pada sebagian besar waktu atau sebagian besar kasus/peristiwa. Contoh: *I’ll see you at the usual time. *She had all the usual teenage problems.
Ordinary sering digunakan untuk membuat sebuah perbedaan/perbandingan dengan hal lain yang tidak biasa atau terkhusus dalam beberapa hal. Contoh: *It began as just an ordinary Saturday, but soon became a day I would never forget. *He was clearly no ordinary student.

Old = Older = Elder
Old memiliki arti tua.
Older/Oldest adalah bentuk kata komparatif dan superlatif dari old. Contoh: *My brother is older than  me. *The palace is the oldest building in the city.
Elder/Eldest bisa digunakan pada tata bahasa British English yang fungsinya biasa untuk membandingkan umur orang, terutama pada anggota keluarga yang sama. Meskipun kata ini sebenarnya sudah tidak  umum digunakan pada tata cara percakapan zaman sekarang. Kata ini juga merupakan bagian dari kata sifat yang penggunaanya sebelum kata benda dan perlu dicatat kita tidak bisa menggunakan kata elder than untuk membuat sebuah perbandingan. Contoh: *My older/elder sister. *The elder/older of their two children. *I’m the eldest/oldest in the family.

Order = Tell = Instruct = Command
Tell digunakan ketika kita berbicara untuk memberitahu mengenai keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu. Contoh: *He told me to phone back today. *I was told to get my hair cut. *How many times have I told you to hang up your clothes. *We told the builder to finish the job as quickly as possible.
Ask memiliki arti yang mirip dengan kata tell. Namun penggunaan kata ini lebih sopan. Contoh: *He asked me to phone back. *We asked the builder to finish the job as quickly as possible.
Instruct juga sama dengan kata tell dan ask. Namun penggunaan kata ini untuk kondisi dan situasi yang resmi. Contoh: *Patients were instructed to follow the diet exactly.
Order merupakan bentuk kata yang lebih kuat dibanding dengan ketiga kata sebelumnya dan biasanya digunakan untuk orang-orang pada posisi tertentu yang memiliki kekuatan dan wewenang yang bisa membuat kita mematuhi/mentaati mereka. *A police officer ordered me to get out of the car.
Command banyak digunakan dalam situasi ketentaraan/kemiliteran.

Partly = Partially
Partly/Partially memiliki arti sebagian atau belum sepenuhnya. Contoh: *The road is partly/partially finished.
Partly terutama digunakan ketika menyatakan alasan untuk sesuatu dan biasanya sering diikuti dengan kata because atau due to . Contoh: *I didn’t enjoy the trip very much, partly because of the weather.
Partially sebaiknya digunakan ketika kita bicara mengenai kondisi fisik. Contoh: *His mother is partially blind.

Peace = Peacefulness
Peace merupakan kata benda yang digunakan untuk menyatakan tentang kondisi atau negara yang damai, tenang, dan tenteram. Contoh: *World peace. *I just need some peace and quiet.
Peacefulness merupakan bentuk kata yang sebenarnya tidak umum digunakan. Kata ini berarti kedamaian atau kualitas dari nilai damai itu sendiri.

Persuade = Convince
Persuade dapat diartikan membujuk. Kata ini digunakan ketika kita ingin membuat seseorang melakukan sesuatu dengan memberikan alasan yang tepat kepada mereka agar melakukan hal tersebut. Contoh: *I tried to persuade her to see a doctor.
Convince berarti meyakinkan atau membuat seseorang untuk mempercayai sesuatu bahwa itu benar. Contoh: *He convinced me that he was right.
Kedua kata tersebut sangat umum dengan artinya masing-masing. Meskipun kedua kata tersebut kadang bisa digunakan dengan arti yang sama. artinya kata persuade bisa dijadikan kata sinonim untuk kata convince. Meskipun kadang hal tersebut tidak dibenarkan dalam percakan terutama British English. Contoh: *I persuaded/convinced her to see a doctor.

Place = Space = Room
Place/Space/Room menggambarkan sebuah area dalam ruangan, bangunan, kendaraan atau hal lainnya yang dapat ditempati, didiami, diduduki atau digunakan oleh seseorang atau sesuatu.
Place adalah bentuk kata benda dapat dihitung ( uncountable noun ). Kata ini digunakan untuk menyatakan suatu area tertentu dimana kita dapat duduk, bekerja, tidur, atau hal lainnya. Contoh: *I’m looking for a place to stay. *Will you save me a place in the classroom?.
Place dalam penggunaan British English tidak dapat digunakan dengan kata no atau any, tapi bisa untuk American English. Contoh: *There is no where to park ( BrE, AmE ). *There’s no place to park ( AmE only ). *I couldn’t find anywhere to stay ( BrE, AmE ). *I couldn’t find any place to stay ( AmE only ).
Space/Room  adalah bentuk dari kata benda yang tidak dapat dihitung ( uncountable nouns ) untuk menyatakan sebuah area kosong. Contoh: *The wardrobe takes up too much room. *There isn’t enough space for another chair.

Possibility = Occasion = Opportunity = Chance
Occasion/Opportunity/Chance bisa diartikan pada suatu waktu ketika mungkin untuk melakukan sesuatu atau singkat kata berarti kesempatan.
Possibility/Chance digunakan untuk mengarahkan pada sesuatu yang mungkin terjadi.
Occasion mengarahkan pada waktu yang tepat atau cocok untuk sebuah aktivitas/kegiatan. Contoh: *A wedding is an occasion for celebration.
Opportunity/Chance bisa digunakan untuk mengarahkan  pada suatu hal yang mungkin untuk kita lakukan karena keadaan yang baik atau keberuntungan pada saat itu. Contoh: *I had the opportunity to spend a year in Paris while I was a student. *I hope you get the chance to relax this weekend.
Possibility tidak bisa digunakan dengan artikel a/the dan lalu kemudian diikuti dengan infinitif. Contoh: *I had the possibility to spend a year in Paris while I was a studend. Kata ini juga bisa berarti kenyataan/fakta tentang sesuatu yang mungkin terjadi atau menjadi benar. Penggunaan kata ini juga biasanya diikuti dengan kata with of atau that. Contoh: *There is a possibility that I might go to Paris to study for a year. Untuk contoh kalimat tersebut juga bisa kita gantikan dengan kata chance. Contoh: *There is a good chance of being promoted.

Price = Cost = Charge
Price/Cost adalah kata benda yang berarti jumlah uang yang kita butuhkan untuk membeli sesuatu.
Price secara umum digunakan untuk objek yang dapat kita beli atau kita jual. Contoh: *The price of eggs/cars. *Oil prices.
Cost biasanya lebih tepat dihubungkan dengan jasa atau proses dan dapat digunakan ketika kita ingin menyatakan harga secara umum tanpa menyebutkan jumlah aktual uangnya. Contoh: *The cost of getting married. *Production costs. *The cost of living.
Charge adalah jumlah uang dimana kita diminta untuk membayar karena penggunaan sesuatu atau atas jasa tertentu. Contoh: *Electricity charges. *Bank/interest charges. *There’s no charge for parking here.
Price/Cost/Charge juga bisa menjadi digunakan sebagai kata kerja. Contoh: *The tickets were priced at $10. *Our trip didn’t cost very much. *How much do they charge for a pizza.

Quick = Quickly = Fast
Quick/Quickly/Fast memiliki arti cepat, lekas, segera.
Quickly merupakan bentuk kata keterangan biasa dari kata quick. Contoh: *I quickly realized that I was on the wrong train. *My heart started to beat more quickly.
Quick juga bisa digunakan sebagai kata keterangan dalam percakapan yang sangat informal, terutama ketika menyatakan sebuah seruan. Contoh: *Come on! Quick! They’ll see us. Dalam hal kata keterangan, kata quicker lebih sering digunakan. Contoh: *My heart started to beat much quicker. *The quicker I get you away from here, the better.
Fast sering digunakan ketika kita berbicara atau menyatakan mengenai kecepatan berpindah seseorang atau sesuatu dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk kata keterangan fast, tidak mengenal kata fastly. Kata kerangannya tetap sama, yaitu kata fast. Contoh: *How fast can a cheetah run?. *Can’t you drive any faster?. *You’re driving too quickly.

Quite = Fairly = Rather = Pretty
Quite/Fairly/Rather bisa diartikan agak, sungguh atau sangat. Penggunaan kata quite lebih kuat kesannya dibanding kata fairly dan rather. Namun, kata rather tidak terlalu umum dalam penggunaan American English.
Lihat contoh dibawah ini:
The exam was fairly difficult
The exam was rather difficult
The exam was rater difficult
Pretty memiliki arti yang sama dengan tiga kata di atas yang biasa digunakan dalam gaya bahasa informal British English. Contoh: *The exam was pretty difficult.
Quite sendiri bisa memiliki 2 arti, yaitu sangat dan agak. Tergantung dengan penggunaan kata sifatnya.  Contoh: *I feel quite tired today (=fairly tired). Kata ini dengan kombinasi penggunaan beberapa kata sifat tertentu dapat menggambarkan keadaan yang extrem yang berarti telah sepenuhnya lengkap atau sama sekali betul atau benar. Contoh: *I feel quite exhausted. Namun di beberapa contoh penggunaan kata quite bisa memiliki 2 arti tergantung dari penekanan dan intonasi yang mengucapkan untuk menunjukkan maksudnya. Contoh: *Your essay ‘quite good ( artinya agak bagus atau lebih baik dari sebelumnya ). *Your essay quite ‘good ( artinya sangat bagus, terutama ketika hal tersebut diluar bayangan ).
Quite dalam penggunaan American English bisa menggambarkan sesuatu dengan makna sangat, bukan agak, wajar atau cukup. Pretty bisa digunakan sebagai pengganti makna quite ini untuk mendapatkan kesan yang sama.

Real = True
Real berarti nyata, ada, sudah terjadi dan bukan hanya khayalan. Contoh: *Was it real or was it a dream ?.
True memiliki arti benar dan sebenarnya sesuai dengan kenyataan dan tentu saja tidak mengada-ngada. *Is the news true?. *a movie based on a true story?.
Real/True kadang bisa digunakan dengan arti yang sama. Sebagai contoh ketika kita ingin membicarakan apa yang sebenarnya terjadi ketika ada suatu perbedaan yang tampak dalam suatu kasus tertentu. Contoh: *He seems quite but reveals his true character on the football field. *Tell me the real reason why he resigned. Kedua kata ini juga bisa digunakan untuk menyatakan sebuah contoh dari suatu hal yang memiliki semua kualitas penting yang sebaiknya ada dalam hal tersebut. Contoh: *She was his first real girlfriend. *This job will be a true test of the new system.

Reason = Explanation = Excuse = Pretext = Grounds
Reason adalah penyebab tentang sesuatu hal atau sesuatu yang bisa menjelaskan mengapa sesuatu hal tertentu telah terjadi. Singkat kata kita menyebutnya sebagai alasan. Contoh: *His reason for resigning was that he was under stress. *She didn’t give any reason for her decision. *Police can’t name the man for legal reasons.
Explanation adalah penjelasan untuk menggambarkan sesuatu dan tentunya bermakna lebih dari sekedar alasan. Bahkan kata ini bisa digunakan ketika kita ingin menjelaskan sesuatu dengan mengulang apa yang orang lain katakan. Contoh: *His explanation for resigning was that he was under stress ( kalimat ini sesuai dengan yang dia katakan dan mungkin kalimat bisa berarti benar ataupun tidak benar ).
Excuse adalah bentuk alasan sebagai pernyataan menyesal atau pernyataan maaf. Kata ini juga bisa digunakan sebagai bentuk pembelaan dari apa yang kita lakukan. Bahkan ketika kita tidak mempercayai sesuatu itu benar atau berfikir bahwa hal tersebut tidak memliki alasan yang cukup baik, kita bisa menggunakan kata excuse. Contoh: *What’s your excuse for being late this time?.
Pretext adalah alasan yang salah dan digunakan ketika seseorang melakukan sesuatu untuk menyembunyikan alasan yang sesungguhnya atau berdalih. Contoh: *He got into the house on the pretext of checking the gas ( dalam kalimat ini, sebenarnya pelaku ingin menyembunyikan bahwa dia ingin mencuri sesuatu untuk masuk kerumah dengan alasan untuk mengecek gas ).
Grounds adalah alasan untuk melakukan sesuatu, mengatakan sesuatu, atau mempercayai hal tersebut, terutama dalam situasi formal atau sesuai dengan hukum. Contoh: *I left my job on medical grounds. *She had good grounds for divorce.

Regretfully = Regrettably
Regretfully/Regrettably biasanya digunakan sebagai kata keterangan dalam kalimat untuk menunjukkan rasa menyesal mengenai sesuatu dan berharap situasi yang berbeda kenyataannya. Contoh: *Regretfully, some jobs will be lost. *Regrettably, some jobs will be lost.
Regretfully juga bisa digunakan sebagai suatu cara untuk menunjukkan kita sedang sedih atau kecewa terhadap sesuatu. Contoh: *He sighed regrefully.

Right = Rightly
Right/Rightly dapat digunakan sebagai kata keterangan.
Right berarti benar, tepat, yang sebenarnya, cocok. Kata ini hanya bisa hadir setelah penggunaan kata benda. Contoh: *He did it right. *Did I spell your name right?.
Rightly tidak bisa digunakan dengan cara seperti right di atas. Kata ini tepatnya digunakan pada penggunaan gaya bahasa formal. Contoh: *Is your name spelled correctly?.
Rightly bisa juga diarahkan pada sebuah alasan yang baik dan biasanya hadir sebelum kata sifat. Contoh: *They are rightly proud of their children. Kata ini juga bisa hadir sebelum kata kerja atau ungkapan tertentu yang berarti secara benar. Namun dalam penggunaan American english penggunaannya tidak semuanya umum. Contoh: *As you rightly say, we have a serious problem.

Rise = Raise
Rise/Raise bisa menjadi kata kerja atau kata benda.
Raise sebagai kata kerja biasanya akan memiliki objek. Kata raise biasanya digunakan ketika kita mengangkat sesuatu ke posisi yang lebih tinggi atau meningkat dari posisi sebelumnya. Contoh: *He raised his head from the pillow. *We were forced to raise the price.
Rise sebagai kata kerja biasanya tidak diikuti dengan objek. Ketika orang menggunakan kata rise artinya mereka berpindah atau memindahkan sesuatu dari posisi yang lebih rendah ke posisi yang lebih tinggi. Contoh: *She rose from the chair. *The helicopter rose into the air. Kata rise juga bisa berarti menaikkan dalam jumlah atau kuantitas. Contoh: *Costs are always rising.
Rise sebagai kata benda berarti sebuah perpindahan maju kedepan atau sebuah peningkatan dalam jumlah atau kuantitas. Contoh: *A rise in interest rates. Dalam penggunaan British English dapat diartikan sebagai peningkatan dalam pembayaran gaji pegawai. Contoh: *Should I ask my boss for a rise?. Namun dalam American English kita menggunakan kata raise. Contoh: *A three per cent pay raise. Kata rise juga bisa digunakan untuk menyatakan sebuah proses agar menjadi lebih kuat atau penting. Contoh: *His dramatic rise to power.

Say = Tell
Say artinya mengatakan. Ketika kata ini digunakan, artinya kita sedang memberikan kata-kata tepatnya kepada orang lain. penggunaan kata ini tidak pernah diikuti nama seseorang/kata ganti orang sebagai objek. Kalaupun menyebutkan nama seseorang/kata ganti objek biasanya diikuti dengan kata to baru nama seseorang/kata ganti objek. Kata ini biasa digunakan untuk kalimat direct, karena itu penggunaan kata ini biasanya diikuti oleh objek (that) atau aksi. Contoh: *”Sit down!”, she said. *Connie said, “I’m tired.” *Connie said (that) she was tired. *What did he say to you. Tapi perlu dicatat kita tidak bisa menggunakan kata say about, namun kita bisa menggunakan kata saya dengan sesuatu. Contoh: *I want to say something/a few words/a little about my family. Kata say juga bisa digunakan dengan sebuah klausa ketika seseorang berbicara yang tidak menyebutkan apa maksudnya. Contoh: *She didn’t say what she intended to do.
Tell artinya memberitahu. Penggunaan kata ini akan diikuti dengan nama seseorang/kata ganti orang sebagai objek dan biasanya memiliki 2 objek dalam satu kalimat. Contoh: *Have you told him the news yet?. Penggunaan kata ini juga bisa digunakan dengan sebuah klausa. Contoh: *Connie told me (that) she was tired. Kata tell juga digunakan ketika orang memberikan bukti dan informasi, dengan bantuan kata where, when, what, dll. Contoh: *Can you tell me when the movie starts?. Contoh kalimat tersebut juga bisa sama dengan penggunaan kalimat berikut: *Can you give me some information about the school?. Penggunaan kata tell juga banyak digunakan ketika ingin menyatakan perintah. Contoh: *The doctor told me to stay in bed. *The doctor told me (that) I had to stay in bed. Atau apabila kita ingin menggunakan kata said bisa menggunakan kalimat berikut. *The doctor said (that) I had to stay in bed. *The doctor said me to stay in bed.

Scottish = Scots = Scotch = Scot
Scottish adalah bentuk kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan orang atau segala sesuatu yang berhubungan dengan Skotlandia. Contoh: *Scottish dancing. *The new Scottish parliament.
Scots kata sifat yang menggambarkan orangnya, aturannya/hukumnya, terutama bahasanya. Contoh: *A well-known Scots poet. *A slight Scots accent. Kata ini bila berkaitan dengan bahasa yang digunakan di Skotlandia, artinya berhubungan dengan bahasa inggris yang merupakan kata benda.
Scotch banyak digunakan untuk ungkapan/ekpresi yang tetap dan biasanya terkesan agak kuno dan merendahkan jika digunakan dengan cara lain ungkapan tersebut. Contoh: *Scotch whisky. *Scotch broth. Kata scotch yang berkaitan dengan whisky merupakan kata benda.
Scot merupakan kata benda yang berarti orang yang datang dari Skotlandia. Contoh: *The Scots won their match against England.

Sensible = Sensitive
Sensible lebih menunjukkan kemampuan untuk membuat keputusan/pendapat/pertimbangan yang baik, berpikiran sehat, bijaksana, dan pantas. Contoh: *She gave me some very sensible advice. *It wasn’t very sensible to go out on your own so late at night.
Sensitive lebih menunjukkan seberapa mudah dan cepatnya kita bereaksi terhadap sesuatu atau seberapa kita peduli/peka akan sesuatu ataupun orang lain, kata ini juga bisa diartikan rapuh hati atau mudah tersinggung juga. Contoh: *A soap for sensitive skin. *This movie may be upset a sensitive child.

Sensual = Sensuous = Sensory
Sensual/Sensuous memiliki arti yang sama dan menunjukkan pada hal-hal yang memberikan kesenangan terhadap perasaan, terutama kesenangan/kenikmatan hawa nafsu/sex atau intinya yang berkaitan dengan kepentingan kesenangan/kenikmatan sex.
Sensuous juga bisa dihubungkan dengan kenikmatan/kesenangan yang berkaitan dengan panca indera seperti seni atau musik yang bisa memberikan cita rasa tersendiri.
Sensory digunakan untuk menggambarkan konteks secara teknis dan bisa menerjemahkan sesuatu hal yang berhubungan dengan rasa, panca indera, organ alat panca indera.
Berikut beberapa kata yang sering digunakan setelah ketiga kata-kata tersebut:


Sensual ... Sensuous ... Sensory ...
pleasure mouth perception
mouth lips stimulation
desire pleasure experience
woman colour deprivation
voice music

Shade = Shadow
Shade adalah sebuah area atau bagian dari sebuah tempat yang terlindung dari panas sinar matahari dan biasanya tempat tersebut lebih gelap dan dingin. Bisa berupa tempat teduh, tirai jendela, naungan. Kata ini merupakan bentuk benda uncountable. Contoh: *Let’s sit in the shade for a while.
Shadow adalah bentuk gelap yang terbentuk karena cahaya sinar dari seseorang ataupun objek. Singkat kata adalah bayangan. Kata ini merupakan bentuk kata benda countable. Contoh: *As the sun went down we cast long shadows on the lawn.
Shadow juga bisa menjadi kata benda uncountable yang berarti area kegelapan atau kemuraman yang sulit untuk membedakan hal-hal secara mudah. Contoh: *Her face was in deep shadow.

Shout = Cry = Scream
Shout/Cry/Scream merupakan bentuk kata kerja yang menggambarkan makna yang berbeda dari bunyi keras yang dibuat orang karena marah, ketakutan, atau bingung. Singkat kata ketiga kata kerja ini menggambarkan teriakan.
Shout digunakan ketika seseorang marah atau menginginkan perhatian dari orang lain. Contoh: *He always seems to be shouting at the kids these days. *I can hear you there’s no need to shout. Untuk kondisi yang sama kata yell juga bisa digunakan pada percakapan bahasa inggris.
Cry juga bisa digunakan dengan maksud yang sama dengan shout. Tapi saat ini penggunaan kata cry terdengar kuno.
Scream biasa digunakan ketika orang berteriak sangat keras dan tinggi. Biasanya karena kesakitan yang luar biasa, ketakutan yang sangat, bahkan ketika sangat menggairahkan atau membangkitkan gairah dan semangat. Contoh: *There was broken glass everywhere and people were screaming. Untuk kondisi yang sama kita juga bisa menggunakan kata shout dengan kombinasi out. Contoh: *She shouted out in pain as they tried to move her.

Sight = Eyesight
Sight/Eyesight bisa berarti penglihatan. Keduanya bisa digunakan dalam kondisi yang memiliki arti sama untuk menggambarkan seberapa baik seseorang dapat melihat. Contoh: *A sight/an eyesight test. *My grandmother’s sight/eyesight is still good.
Sight secara umum menggambarkan kemampuan yang dimiliki orang untuk melihat. Contoh: *To lose your sight. *She only has a little sight in one eye.
Eyesight digunakan untuk menggambarkan seberapa baik seseorang dapat melihat. Contoh: *I’ve always had poor eyesight.

Sight = View
Sight/View bisa digunakan untuk menggambarkan ketika kita ingin menggambarkan apakah kita bisa melihat sesuatu. Contoh: *There was no one in sight/view.
Sight dapat digunakan ketika kita membicarakan aktivitas dari penglihatan. Contoh: *I had my first sight of the city from the river. Kata ini juga bisa menggambarkan suatu pemandangan yang dapat dilihat. Contoh: *Sunset over the lake is a beautiful sight.
View diartikan sebagai pemandangan atau area keseluruhan yang dapat dilihat dari satu tertentu. Contoh: *From the top of the tower I had a wonderful view of the city.

Sign = Signal
Sign/Signal berarti tanda yang dapat digunakan pada arti yang sama. kedua kata ini bisa diartikan sebagai isyarat dari sebuah pergerakkan atau suara yang dibuat untuk diberitahukan kepada seseorang tentang sesuatu. Contoh: *Don’t move until I give the sign/signal.
Sign/Signal berarti juga sesuatu yang mengindikasikan bahwa sesuatu ada atau mungkin terjadi.
Sign biasanya tanda/isyarat yang dapat ditemui atau dilihat. Contoh: *Early signs of the disease. *The first signs of spring.
Signal digunakan untuk menunjukkan pada sesuatu yang telah terjadi dan mengarahkan kita untuk mengambil beberapa tindakan atau disebut juga dengan isyarat. Contoh: *Local people regarded the President’s visit as a clear signal of his support.
Perlu dicatat untuk beberapa penggunaan kata, hanya satu kata yang tepat digunakan. Contoh: *A road sign. *A dollar sign. *A faint radio signal. *The train waited while the signals were on red.

Slow = Slowly
Slow/Slowly memiliki arti lambat, lamban.
Slowly adalah bentuk kata kerangan dari kata sifat slow.
Slow kadang digunakan sebagai kata keterangan juga dalam tata bahasa informal, pada tanda jalan, dll. Kata ini juga bisa digunakan pada sebuah bentuk campuran/persenyawaan. Contoh: *Slow, major road ahead. *A slow acting drug. *They walk very slow. Sebagai pembanding gunakan kata slower atau more slowly. Contoh: *Can you speak slower/more slowly?.

Small = Little
Small yang berarti kecil adalah lawan kata yang sering digunakan untuk kata big dan large. Kata small juga biasa digunakan dalam suatu ungkapan komparatif dan superlatif dengan kata keterangan rather, quite, fairly dan pretty. Contoh: *Our house is smaller than yours but I think the kitchen is bigger. *The town is pretty small.
Little biasanya digunakan untuk menunjukkan bagaimana kita merasakan tentang seseorang atau sesuatu dan terutama setelah penggunaan kata sifat ugly, nice, cute, dll. Contoh: *A cute little baby. *You poor little thing!. Kata ini juga biasanya digunakan untuk menunjukkan seseorang atau sesuatu tidak penting. Contoh: *You’ll just feel a little sting – if won’t hurt. *A dreadful little man (BrE). Catatan biasanya bentuk contoh ini digunakan sebelum kata benda dan jarang digunakan sebagai ungkapan komparatif atau superlatif.
Little juga bisa digunakan untuk beberapa nama yang tepat: Contoh: *Little Italy is an area of New York where many Italians live.
Berikut beberapa kata yang sering mengiringi penggunaan kata small dan little:


Small ... Little ...
number girl
group smile
children man
business things
house boys

Soon = Early = Quickly
Soon yang berarti segera menunjukkan sebuah waktu yang pendek dari sekarang atau setelahnya. Contoh: *I’ll see you soon. *She soon regretted what she’s done. Penggunaan kata soon juga digunakan dalam bentuk komparatif dan superlatif seperti as soon as possible. Intinya penggunaan kata soon sangat menekankan pada sesuatu yang dilakukan tanpa penundaan. Contoh: *The sooner you start, The sooner you’ll finish.
Early yang berarti awal menunjukkan suatu waktu yang dekat pada permulaan suatu periode. Contoh: *I’ve got to get up very early tomorrow. *I’ll see you early next week. Kata early juga bisa digunakan untuk menunjukkan waktu sebelum dari waktu yang biasa atau diharapkan. Contoh: *A few guests arrived early. Catatan, kata early tidak bisa digunakan untuk menunjukkan waktu yang pendek dari sekarang seperti kata soon.
Quickly biasanya digunakan untuk menyatakan kecepatan sesuatu yang dilakukan, kata ini juga bisa digunakan seperti penggunaan kata soon yang bisa menunjukkan waktu yang pendek dari setelah sesuatu terjadi ataupun tanpa penundaan. Contoh: *The journey passed very quickly. *Please phone back as quickly/soon as possible.

Speak = Talk
Speak/Talk memiliki arti yang sama, yaitu mengatakan atau berbicara.
Talk biasanya lebih umum digunakan dalam percakapan bahasa inggris dan biasanya mengarahkan bahwa yang berbicara ada dua orang atau lebih yang sedang melakukan percakapan atau diskusi tentang sesuatu. Contoh: *We talked on the phone for nearly an hour. *John and I have been talking about our families. *Could I talk to you about the travel arrangements?. Penggunaan kata talk bisa dikombinasikan dengan kata preposisi seperti with dan to. Talk with lebih formal penggunaannya dibanding dengan talk to dalam British English. Tapi pada American English Talk with sangat umum digunakan. Contoh: *he refused to talk with/to reporters.
Speak agak sedikit lebih formal dibanding kata talk dan menunjukkan seseorang sedang menggunakan suaranya atau seseorang yang sedang mengatakan sesuatu dalam sebuh grup. Contoh: *I was so shocked I could’n speak. *Could you speak louder?. *A doctor spoke to the class about/on stress. Kata speak juga bisa dikombinasi dengan kata preposisi with dan to untuk membuat sebuah permintaan yang lebih sopan, sebagai contoh ketika menghubungi seseorang lewat telephone. Speak with lebih sedikit formal dalam penggunaan British English. Contoh: *Hello, could I speak to michael?. *I’d like to speak to/with the manager, please!.
Speak bisa diikuti dengan kata benda dan pasti itu sebuah bahasa. Contoh: *He speaks italian.
Talk dapat diikuti dengan kata benda seperti bisnis atau rasa.

Steal = Rob = Burgle = Mug =  Thief = Robber = Burglar = Mugger
Steal/Rob/Burgle/Burglarize/Mug adalah kata kerja yang berarti mencuri.
Steal artinya tindakan mencuri dari seseorang. Contoh: *He had been steeling from his employer for years.
Rob artinya dicuri dari sesuatu, merampok, merampas, menyamun sesuatu. Contoh: *She was robbed of all her money and clothes.
Burgle adalah membongkar untuk mencuri. Biasanya kata ini lebih familiar digunakan dalam British English.
Burglarize adalah membongkar untuk mencuri. Biasanya kata ini lebih familiar digunakan dalam American English.
Mug adalah merampok dengan membegal seseorang.
Thief/Burglar/Robber/Mugger adalah pelaku dari orang yang melakukan tindakan pencurian.
Thief adalah orang yang mencuri sesuatu, terutama secara diam-diam tanpa menggunakan kekerasan.
Burglar adalah orang masuk ke dalam rumah, kantor atau lainnya, yang pasti dengan usaha tertentu yang bertujuan untuk mencuri sesuatu.
Robber adalah orang yang mengambil barang/properti dari seseorang atau tempat umum, terutama dengan menggunakan kekerasan.
Mugger adalah orang yang merampok dengan cara membegal korbannya.
Berikut contoh penggunan kata kerja steal/rob/burgle:


Object Of Verb Steal Rob Burgle
money, property My wallet was stollen My wallet was robbed My wallet was burgled
person I’ve been stolen I’ve been robbed I’ve been bugled (=my house)
bank, public building Thieves stole a bank last night Thieves robbed a bank last night Thieves burgled a bank last night
office, house, etc Our house was stolen Our house was robbed Our house was burgled

Storey = Floor
Storey berarti tingkat yang digunakan dalam British English. Kita menggunakan kata ini ketika kita berbicara mengenai berapa jumlah tingkat yang dimiliki oleh sebuah bangunan/gedung. Contoh: *A five-storey house. *The office building is five storeys high.
Story sama dengan kata storey, namun banyak digunakan dalam American English.
Floor sebagian besar digunakan untuk menyatakan tingkat tertentu pada sebuah gedung, ketika seseorang berada atau menuju ke tingkat berapa. Contoh: *His office is on the fifth floor.

Strength = Force = Power
Strength/Force/Power berarti kekuatan.
Strength digunakan untuk menyatakan seberapa kuat seseorang atau sesuatu, terutama kemampuan dalam menanggung beban yang luar biasa berat. Contoh: *He has been doing weight-training to build up his strength. *I don’t have the strength to carry you any further.
Power tidak biasa digunakan untuk membicarakan kemampuan seseorang untuk memindahkan ataupun memegang suatu benda/objek berat. Meskipun sebenarnya bisa digunakan untuk menunjukkan kekuatan pada salah satu bagian tubuh. Contoh: *She has great power in her shoulders. Kata power memiliki kegunaan secara fisik yang cocok dihubungkan dengan energi yang terkandung di dalam mesin, ledakan, letupan, atau segala sesuatu yang natural seperti angin. Contoh: *The power of wind can be harnessed to produce electricity.
Force berhubungan dengan bagaimana energi fisik digunakan oleh seseorang atau sesuatu, terutama ketika memukul, menghancurkan, menekan, atau mendorong sesuatu. Contoh: *He fell to the ground under the force of the blow. *Our car was completely wrecked by the force of the collision. *the waves were hitting the rocks with tremendous force. Jadi ketika ada kekuatan dari sebuah ledakan, letusan atau dari sebuah badai, disanalah kita bisa mengukur seberapa besar kekuatannya atau force-nya.

Student = Pupil = Undergraduate = Graduate = Postgraduate
Student adalah seseorang yang sedang belajar di sekolah, perguruan tinggi, universitas, dll.
Pupil di British English digunakan untuk anak-anak yang belajar di sekolah. Namun kedengarannya kata ini seperti tata bahasa lama dan kuno. Sehingga banyak orang sekarang lebih suka menggunakan kata student juga sebagai pengganti kata pupil, kecuali untuk anak-anak sekolah yang masih sangat muda.
Undergraduate digunakan untuk pelajar yang baru atau sedang belajar tingkat pertama di perguruan tinggi atau universitas.
Graduate digunakan untuk orang yang telah menyelesaikan tingkat pertama dari sebuah universitas atau perguruan tinggi. Namun pada American English kata ini dapat digunakan untuk orang yang telah menyelesaikan pendidikan menengah atas dan penggunaan katanya bisa dikombinasi dengan kata benda lain. Contoh: *A high school graduate. *A graduate student.
Postgraduate digunakan untuk orang yang telah menyelesaikan pendidikan pertamanya dari universitas ataupun perguruan tinggi dan sedang melanjutkan ke pendidikan atau penelitian selanjutnya. Kata ini biasanya digunakan pada British English. Sedangkan untuk American English orang tetap menggunakan kata graduate daripada kata postgraduate.

Sure = Certain
Sure/Certain memiliki arti yang sama, yaitu pasti. Sehingga kita bisa menggunakan kedua kata ini untuk mendapatkan makna yang sama. Contoh: *Are you sure/certain (that) you locked the door?. *We must make sure/certain (that) we arrive on time. *You have to book early to be sure/certain of getting a room.
Sure/Certain juga bisa digunakan untuk mengungkapkan bagaimana perasaan kita tentang sesuatu. Contoh: *It’s sure to rain tomorrow (= I think it will definitely rain). *She’s certain to be late (=I’m certain that she’ll be late).
Certain Jika kita gunakan kata ini, bukan berarti memiliki makna sure. Sebagai contoh ketika kita tahu ada yang meninggal ribuan orang dalam bencana, kemudian kita menggunakan kata certain. Artinya kita juga belum tentu tahu pasti berapa jumlahnya, hanya tahu perkiraan ribuan. Contoh: It’s certain that thousands more people will die in the famine.
Sure biasanya terdengar lebih kuat dibandingkan dengan kata certain dalam sebuah percakapan. Contoh: *I’m sure she’ll come if she can (=I believe/hope she will).
Sure dalam American English juga digunakan sebagai kata keterangan. Contoh: *He sure likes hot dogs. *That sure is a good idea.

Surely = Certainly
Surely terutama dalam British English menunjukkan bahwa kita hampir pasti mengatakan sesuatu dan menginginkan orang lain setuju dengan apa yang kita sampaikan.  Contoh: *Surely this can’t be right?. Kata ini dalam kalimat negatif bisa menunjukkan sesuatu yang mengejutkan dan sebenarnya kita tidak ingin percaya. Contoh: *You’re surely not thinking of going, are you?.
Certainly biasanya berarti tanpa keraguan atau pastinya dan bisa menunjukkan bahwa kita percaya secara kuat tentang sesuatu atau menekankan bahwa sesuatu sungguh benar adanya. Contoh: *I’ll certainly remember this trip. Kalimat tersebut bisa digunakan dalam gaya bahasa informal American English juga. Contoh: *I’ll sure remember this trip!.
Certainly menekankan bahwa sesuatu sungguh benar adanya. Contoh: *The meal was certainly too expensive (= tanpa diragukan bahwa harga makanan itu mahal). Sedangkan surely bisa mengarahkan kita pada suatu opini kita sendiri yang kita ciptakan dan mengharapkan persetujuan orang lain. *The meal was surely too expensive (= that is my opinion, don’t you agree?).
Surely bisa berarti tanpa keraguan jika digunakan dalam gaya bahasa informal. Contoh: *This will surely end in disaster.

Tight = Tightly
Tight/Tightly berarti ketat atau sempit. Kata ini merupakan kata keterangan dari kata sifat tight. Keduanya memiliki arti yang sama, hanya kata tight lebih sering digunakan sebagai pengganti kata tightly setelah penggunaan kata kerja, terutama pada gaya bahasa informal dan dalam pembentukkan kata gabungan. Contoh: *Packed tight. *A tight-fitting lid.
Tightly sering digunakan sebelum kata bentuk past participle. Contoh: *Clusters of tightly packed flowers.

Under = Below = Underneath = Beneath
Under digunakan untuk menyatakan bahwa ada sesuatu dibawah sesuatu lainnya. Contoh: *The cat is asleep under the table. *I think your letter is under that book.
Underneath digunakan ketika ingin menekankan bahwa ada sesuatu yang tertutupi atau tersembunyi dari sesuatu atau benda lainnya. *Have you looked underneath the sofa as well as behind it?.
Beneath memiliki arti yang sama dengan underneath, namun penggunaannya sangat formal atau lebih cocok untuk hal yang berkaitan dengan kesusasteraan.
Below biasanya digunakan untuk menyatakan sesuatu yang posisinya lebih rendah dibanding yang lainnya. sebagai contoh pada gedung yang sama, puncak yang sama, bagian tubuh lainnya, atau lainnya. Contoh: *They live in the apartment below us. *Can you see those trees below the summit. *It hurts here-just below the knee.
Below juga bisa digunakan sebagai pengukur atau posisi dalam skala tertentu. Contoh: *The temperature was below zero last night.
Under bisa juga digunakan sebagai pengukur tapi dengan arti kurang dari. Contoh: *All our goods are under $20.
Under juga bisa digunakan ketika kita ingin membicarakan perpindahan dari satu sisi ke sisi lainnya. Contoh: *We swam under the bridge.

Unsociable = Antisocial = Unsocial
Unsociable adalah orang yang tidak dapat nyaman atau menikmati ketika berada di antara orang lain.
Antisocial di British English kata ini menggambarkan untuk orang yang berperilaku membahayakan atau membuat jengkel orang lain.
Unsocial pada penggunaan British English adalah waktu di luar waktu kerja yang normal.

Used To = Be Used To
Used To digunakan ketika kita membicarakan sesuatu yang secara reguler terjadi di masa lalu, namun tidak terjadi lagi sekarang. Contoh: *I used to smoke, but I gave up a couple of years ago.
Be Used To digunakan ketika ingin membicarakan sesuatu yang sudah akrab, sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk merasakan hal itu baru atau aneh lagi. Be used to juga bisa dikombinasi dengan gerund Be Used To Verb + Ing. Contoh: *We’re used to the noise from the traffic now. *I’m used to getting up early.
Be Used To juga bisa digunakan atau digantikan dengan ungkapan get used to. Contoh: *Don’t worry, you’ll soon get used to his sense of humour. *I didn’t think I could ever get used to living in a big city after living in the country.

Voucher = Coupon = Token
Voucher/Coupon/Token semuanya berarti dan menunjukkan pada sesuatu yang dapat kita gunakan sebagai pengganti uang dan tentu saja bisa ditukarkan untuk beberapa barang tertentu.
Voucher/Token adalah selembar potongan kertas dengan jumlah uang tertentu yang sudah tercetak yang dapat ditukarkan untuk barang-barang tertentu atau digunakan pada toko-toko tertentu. Contoh: *A $10 book/record token. *A marks and spencer’s gift voucher/token (AmE gift certificate).
Coupon/Voucher adalah selembar kertas yang dapat digunakan untuk membayar sesuatu atau mendapatkan sesuatu di bawah harga yang biasa. Contoh: *A money-off coupon.
Tokens/Coupons berarti juga potongan kertas yang dapat kita kumpulkan untuk dapat ditukar dengan barang tertentu.

Want = Like = Care (for something/to do something)
Would You Like ...? merupakan permintaan yang paling sopan untuk menawarkan sesuatu atau mengundang, terutama dalam penggunaan British English. Contoh: *Would you like a cup of coffee.
Do You Want ...? penggunaan ungkapan ini memang kurang formal dan lebih berasa langsung ke orang yang dituju. Penggunaannya pun lebih umum digunakan pada American English dibanding dengan British English. *We’re going to a club tonight, Do you want to come with us?.
Would You Care ...? penggunaannya sangat formal dan terdengar sangat kuno atau menggunakan gaya bahasa lama.

Wear = Carry = Have On
Wear berarti memakai. Kita bisa menggunakan kata ini ketika kita ingin menyatakan bahwa kita memakai pakaian, sarung tangan, syal, ikat pinggang, kaca mata, jam, parfum dll. Contoh: *Do you have to wear a suit for work. *I’ve been wearing glasses fot ten years.
Have On juga bisa digunakan dengan maksud yang sama dengan kata wear. Contoh: *She had on some very unusual earrings. *He ran outside without had any shoes on.
Carry digunakan ketika kita membawa sesuatu ke suatu tempat, terutama dengan menggunakan tangan. Contoh: *He wasn’t wearing his raincoat, he was carrying it over his arm. *She always carries an umbrella in her briefcase.

Wide = Broad
Wide umum digunakan ketika kita ingin membicarakan sesuatu mengenai pengukuran panjang suatu jarak dari satu sisi ke sisi lain.
Broad digunakan lebih sering untuk menggambarkan bagian tubuh. Kata ini juga lebih formal atau banyak digunakan untuk keperluan menulis untuk menggambarkan ciri-ciri dari daerah pedalaman atau daerah luar kota. Contoh: *A broad river. *A broad stretch of meadowland.
Wide/Broad dapat digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang di dalamnya terdapat variasi yang banyak dari perbedaan orang atau sesuatu. Contoh: *A wide/broad range of products.
Kadang kita hanya bisa menggunakan kata broad saja, bukan kata wide, yang bertujuan untuk menggambarkan sesuatu yang umum atau tidak secara detail. Contoh: *All of us are in broad agreement on this matter.

Worried = Concerned = Anxious = Nervous = Excited
Worried merupakan bentuk kata yang umum ketika kita ingin menggambarkan bagaimana perasaan kita ketika memikirkan sesuatu atau masalah buruk yang mungkin bisa terjadi. Atau dalam hal ini khawatir. Contoh: *Where have you been?, I was worried about you.
Concerned digunakan ketika kita membicarakan suatu masalah yang akan berpengaruh tehadap orang lain, masyarakat, dunia, atau lainnya. Contoh: *She’s very concerned about the environment. *Police are concerned for the boy’s safety.
Anxious menggambarkan perasaan yang lebih kuat dibanding dengan 2 kata sebelumnya dan biasanya penggunaanya untuk gaya penulisan formal. Contoh: *We were anxious about the children’s safety. Bahkan kata ini juga bisa menggambarkan untuk seseorang memiliki kekhawatiran berlebih. Contoh: *A very anxious parent. Kata anxious juga bisa digunakan ketika kita sangat ingin melakukan sesuatu, namun kata ini tidak bisa digunakan ketika sangat ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan dan sangat ditunggu. Contoh: *I’m anxious to find out what’s happened. *I’m very anxious about your arrival.
Nervous sama seperti gugup dan gelisah. Biasanya kata ini digunakan untuk menggambarkan rasa takut yang berlebih dan biasanya terjadi sebelum kita melakukan sesuatu yang sangat penting seperti konser, pertunjukan, interview, sesuatu yang tidak menyenangkan atau lainnya. kata ini juga bisa menggambarkan seseorang yang sering kahwatir dan ketakutan. Contoh: *A thin, nervous girl.
Excited yang berarti membangkitkan gairah sering digunakan ketika kita ingin menggambarkan perasaan bahagia yang positif, terutama ketika kita sedang menunggu sesuatu yang sangat menyenangkan. Contoh: *I’m getting very excited about my trip to Australia.
Excitable bisa digunakan untuk menggambarkan seseorang yang mudah antusias dan bersemangat dalam segala hal. Contoh: *She is very kind and friendly, but a bit excitable.

Wrong = Wrongly = Wrongfully
Wrong sering digunakan untuk dalam percakapan informal sebagai kata keterangan sebagai pengganti kata wrongly, yang berarti tidak benar atau salah. Biasanya kata wrong selalu digunakan setelah kata kerja atau objek dari kata kerja tersebut. Contoh: *My name was spelled wrong. *I’m afraid you guessed wrong.
Wrongly sebagai kata keterangan digunakan sebelum bentuk past participle atau klausa. Contoh: *My name was wrongly spelt. *She guessed wrongly that he was a teacher.
Wrongfully sama dengan kata keterangan wrongly. Biasanya digunakan dalam kondisi formal secara hukum, dikombinasi dengan kata seperti convicted, dismissed, dan imprisoned.

No comments:

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *