Bantuan Fungsi Grammar Kata Whom

Bantuan Fungsi Grammar Kata Whom – Kumpulan kaidah tentang struktur gramatikal bahasa atau sesuai dengan tata bahasa yang benar perlu kita pahami. Dalam bahasa Ingris baik itu American English atau British English perlu kita ketahui, ada beberapa kata yang memerlukan perhatian dan pemberlakuan grammar yang tidak sama secara umum. Topik ini akan membantu beberapa  masalah grammar dan fungsinya yang sering timbul dalam beberapa kata tertentu. Terutama untuk kata Whom.

Whom

bantuan fungsi grammar untuk kata whom dalam bahasa inggris

Whom memiliki arti siapa, untuk menunjukkan kata ganti objek. Kata ini tidak terlalu sering digunakan pada percakapan bahasa inggris. Biasanya kita menggunakan kata who sebagai kata ganti objek. Contoh: *Who did you invite to the party?.
Whom yang digunakan sebagai kata ganti setelah kata preposisi/perangkai menjadi sangat formal. Contoh: *To whom I should address the letter?. *He asked me with whom I had discussed it. Bagaimana pun dalam percakapan bahasa inggris, akan lebih terdengar natural menggunakan kata who dan bisa meletakkan kata preposisi/perangkai diakhir sebuah kalimat. Contoh: *Who should I address the letter to?. *He asked me who I had discussed it with.

Catatan:
  • Dalam menggambarkan klausa yang relatif/tidak mutlak, kata ganti objek whom biasanya sangat jarang digunakan. Kita bisa menggunakan kata who atau that atau sama sekali tidak menggunakan. Contoh: *The family (who/that/whom) I met at the airport were very kind.
  • Sedangkan dalam klausa yang tidak menggambarkan kerelatifan/ketidak mutlakkan, maka kata who atau kata whom ( jangan digantikan dengan that ) yang bisa lebih secara formal bisa digunakan dan tentu saja klausa tersebut harus memiliki kata ganti atau tidak bisa berdiri tanpa kata ganti. Contoh: *Our doctor, who/whom we all liked very much, retired last week. Contoh pola ini juga sebenarnya tidak terlalu banyak digunakan pada percakapan bahasa inggris.


No comments:

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *